Microsoft (MS) Word
Microsoft (MS) Word adalah program komputer yang dikembangkan oleh
Microsoft untuk menciptakan dokumen berkualitas professional. Microsoft
(MS) Word ini memungkinkan
kita mengetik dan memformat teks, memperbaiki kesalahan, dan menampilkan
pekerjaan sebelum dicetak keprinter, disamping itu Microsoft (MS) Word memiliki kemampuan dan keleluasaan
untuk menghasilkan dokumen professional dengan mudah dan cepat.
Microsoft (MS) Word merupakan bagian dari MS Office yang khusus berfungsi sebagai text
editor (program aplikasi yang digunakan untuk mengolah teks). Sesuai dengan
program-program MS Office, MS Word juga bersifat WYSIWYG (What You See Is
What You Get). WYSIWYG berarti tampilan yang diperoleh pengguna di kertas
(setelah di-print) sama dengan tampilan yang dilihat pengguna di layar
komputer.
I.
Masuk
dan Keluar MS Word
Ada beberapa cara untuk
menjalankan Word, di antaranya melalui start button:
1. Jalankan MS
Windows.
2. Setelah masuk ke
Windows, klik start button
3. Pilih Programs.
4. Klik Microsoft
Word.
Untuk keluar Word juga ada beberapa, di antaranya adalah
melalui menu File:
1. Klik File.
2. Klik Exit atau
tekan tombol x.
II.
Menyunting
Dokumen
Ketika Word mulai berjalan (gbr.
1), pengguna dapat mulai mengetikkan dokumen pada workspace tersebut.
Beberapa tombol keyboard yang sering digunakan pada waktu pengetikkan:
·
Backspace : Menghapus karakter di kiri kursor.
·
Delete : Menghapus
kursor di kanan kursor.
·
Enter : Ganti baris (ganti paragraf).
·
capslock : untuk membuat huruf kapital pada saat lampu
indikator capslock menyala [on]
·
End : Memindahkan kursor ke belakang karakter terakhir dari baris tempat
kursor tersebut tadi
berada.
·
ð : Memindahkan
kursor 1 karakter ke kanan.
·
ï : Memindahkan
kursor 1 karakter ke kiri.
·
ñ : Memindahkan
kursor 1 baris ke atas.
·
ò : Memindahkan
kursor 1 baris ke bawah.
·
PgUp : Memindahkan
kursor 1 layar ke atas.
·
PgDn : Memindahkan kursor 1 layar ke bawah.
Selain tombol-tombol di atas,
untuk memudahkan dan mempercepat pengetikkan ada juga fungsi blok. Memblok
teks, berarti menandakan suatu bagian dari teks untuk mengimplementasikan
satu/lebih operasi pada keseluruhan bagian teks tersebut. Caranya :
1. Letakkan kursor pada awal blok.
2. Tekan tombol
mouse (jangan dilepaskan), drag sampai ke akhir blok.
3. Setelah akhir
blok yang diinginkan tercapai, baru tombol mouse dilepaskan. Teks yang diblok
kemudian akan kelihatan seperti tulisan yang di-stabillo (gbr. 2).
Latihan 1:
Ketikkan kalimat-kalimat berikut
(nomor dalam [] tidak usah ikut diketik) :
Star Wars Terbaru Bisa Di-Download di Internet
Kompas, Senin 13 Mei
[1] Internet
gudangnya pembajakan? Itulah yang mungkin ada dalam pikiran George Lucas saat
film Star Wars terbarunya, "Star Wars: Episode II--Attack of the
Clones" dengan mudah ditemui di Internet. Film yang baru akan diputar
tanggal 16 Mei mendatang itu bahkan bisa di-download di beberapa situs seperti
Usenet atau situs lain yang berkaitan dengan Usenet.
[2] Selain
download film, situs-situs tersebut juga menyediakan foto, file-file video dan
audio dan hal lain yang berkaitan dengan film Star Wars terbaru sejak beberapa
waktu lalu. Padahal film yang baru diluncurkan biasanya baru akan tersedia di
Internet sekitar 24 jam setelah pemutaran perdana di bioskop.
[3] Kejadian
yang menimpa film Star Wars ini bukan yang pertama terjadi. Sebelumnya, sehari
sebelum film Spider-Man diputar perdana di bioskop, orang sudah bisa men-download
film tersebut di Internet. Meski mereka bisa mendapatkannya secara gratis,
namun kualitas film tersebut tidak sebagus aslinya, walaupun sama sekali tidak
bisa dikatakan buruk.
[4]
Penjualan material-material ilegal lewat
Internet sudah sejak sekian lama menjadi keprihatinan industri film dan musik.
Banyak sekali situs yang menawarkan material ilegal baik secara langsung maupun
secara tidak langsung. Salah satu contoh situs yang memungkinkan beredarnya
material ilegal secara tidak langsung misalnya situs-situs yang memberikan
fasilitas peer-to-peer atau file sharing, seperti Morpheus.
Selain itu kemajuan teknologi yang membuat akses Internet semakin cepat juga
memudahkan orang mendownload file-file berukuran besar --seperti file
film-- dengan lebih cepat dan kualitasnya pun semakin bagus.
[5] Siapakah
pengedar material ilegal di Internet? Sejauh ini, dalam kasus Star Wars, sebuah
kelompok distribusi yang menyebut diri mereka "FTFVCD," atau
"F**K the Feds", bertanggung jawab atas peredaran film tersebut
secara ilegal. Mereka bahkan mengaku puas dengan tindakannya itu. "Kami
puas bisa menghadirkan release salah satu film yang paling dinantikan
ini," ungkap kelompok tersebut lewat tulisan yang disertakan pada film.
Menghapus Teks
Di atas telah dijelaskan cara
menghapus karakter yang telah ditulis (tombol backspace atau del), namun jika
karakter yang akan dihapus cukup banyak, misalnya 1 paragraf, cara di atas
sangatlah lama. Untuk itu, dapat digunakan cara berikut:
1. Blok bagian yang akan dihapus.
2. Tekan tombol
delete pada keyboard.
Latihan 2:
Hapus paragraf ke-2 ([2]) dari
yang telah ditulis pada latihan di atas.
Memindahkan Teks
Untuk memindahkan teks ke
tempat lain, dapat dilakukan dengan:
1. Blok bagian yang akan dipindahkan.
2. Klik menu Edit,
kemudian klik Cut.
atau
Klik kanan,
kemudian klik Cut.
atau
Tekan tombol
Ctrl, kemudian tanpa melepaskan tombol Ctrl, tekan tombol X (Ctrl+X).
3. Tempatkan kursor pada lokasi baru, tempat teks tersebut
akan diletakkan kemudian.
4. Klik menu Edit,
kemudian klik Paste.
atau
Klik kanan,
kemudian klik Paste
atau
Tekan tombol
Ctrl, kemudian tanpa melepaskan tombol Ctrl, tekan tombol V (Ctrl+V).
Latihan 3:
− Pindahkan paragraf yang ditandai dengan [3] ke atas paragraf yang
ditandai dengan [1].
− Pindahkan lagi
paragraf tersebut (yang baru dipindahkan) ke tempatnya yang semula.
Meng-copy Teks
Jika suatu teks akan
ditulis lagi pada bagian lain, maka untuk mempermudah dan mempercepat proses
penulisan ulang (peng-copy-an), dapat digunakan cara berikut:
1. Blok bagian yang akan dipindahkan.
2. Klik menu Edit,
kemudian klik Copy.
atau
Klik kanan,
kemudian klik Copy.
atau
Tekan tombol
Ctrl, kemudian tanpa melepaskan tombol Ctrl, tekan tombol C (Ctrl+C).
3. Tempatkan kursor
pada lokasi baru, tempat teks hasil duplikasi akan diletakkan.
4. Klik menu Edit,
kemudian klik Paste.
atau
Klik
kanan, kemudian klik Paste.
atau
Tekan tombol
Ctrl, kemudian tanpa melepaskan tombol Ctrl, tekan tombol V (Ctrl+V).
Latihan 4:
− Copy paragraf yang ditandai dengan [3] dan letakkan di bawah
paragraf yang ditandai dengan [5].
− Copy paragraf
yang ditandai dengan [1] dan letakkan di bawah paragraf yang ditandai dengan
[3].
Undo dan Redo
Jika pengguna melakukan
kesalahan operasi atau pengetikkan, maka kesalahan tersebut dapat ditiadakan
dengan melakukan undo. Caranya:
Klik
menu edit, kemudian klik undo.
atau
Klik
toolbar undo.
Jika setelah melakukan undo,
kemudian pengguna berubah pikiran lagi dan menganggap bahwa operasi yang telah
di-undo tadi perlu, maka pengguna dapat melakukan redo. Caranya:
Klik
menu edit, kemudian klik redo.
atau
Klik
toolbar redo.
Latihan 5:
Lakukan undo sebanyak 2X
III. Save, Close, Create, Open File
Save File
Untuk menyimpan file:
1. Klik File.
2. Klik Save As,
akan muncul dialog box seperti gbr. 3.
3. Klik kotak Look
in, kemudian klik drive/tempat di mana file tersebut akan disimpan, kemudian
akan muncul daftar file dan directory pada kotak yang di bawahnya. Klik
directory yang sesuai hingga ditemukan tempat di mana file tersebut akan
disimpan. Ketikkan nama file pada File Name, kemudian klik Save.
atau
Ketikkan lokasi
lengkap beserta nama file dari file yang disimpan pada kotak File Name,
kemudian klik Save.
Jika file sudah pernah disimpan
sebelumnya, penyimpanan selanjutnya dapat dilakukan dengan:
1. Klik File.
2. Klik Save.
Untuk menutup file dapat dilakukan:
1. Klik File.
2. Klik Close.
Latihan 6:
− Save file yang
telah dibuat tadi pada My Documents dengan nama Lat1.
− Tambahkan kalimat berikut pada file tersebut.
Di
lain pihak, Lucasfilm, perusahaan pembuat film Star Wars tidak memberikan komentarnya
mengenai hal ini, namun menyerahkan masalah itu pada badan yang berwenang.
Mereka juga belum bisa memperkirakan kerugian yang ditimbulkan akibat peredaran
Star Wars ilegal di Internet, meski memperkirakan bahwa kerugian itu akan
semakin besar jika peredaran Star Wars di jagad maya tidak segera dihentikan. (cnet/wsn)
− Save kembali file
tersebut
Close File
Untuk menutup file dapat
dilakukan dengan:
Klik menu File,
kemudian klik Close.
atau
Klik close file
button.
Latihan 7:
− Tutup file yang telah dibuat diatas.
Create File
Untuk
mulai membuat file:
1. Klik File.
2. Klik New, akan muncul dialog
box seperti gbr. 4.
3. Pada tab General klik Blank document.
4. Klik OK.
5. Pengguna dapat mulai menulis pada kursor yang
ada.
Latihan 8:
− Buatlah file baru dengan nama lat2.doc di My Document, kemudian
ketikkan kalimat berikut (nomor dalam [] tidak usah ikut diketik) :
Rokok
[1] Di negara-negara
maju, kepopuleran rokok di kalangan remaja semakin pudar. Banyak diantara
mereka beranggapan merokok adalah kebiasaan buruk, tidak menarik dan sebaiknya
dihindari.
[2] Menarik
menyimak hasil survey pendapat remaja terhadap rokok yang dilakukan di
Amerika baru-baru ini.
Melihat orang lain merokok membuat niat saya semakin kuat
untuk tidak merokok Setuju (67%), tidak setuju (22%), tidak tahu (10%).
Saya
lebih suka berteman dengan orang yang tidak merokok. Setuju (86%), tidak setuju
(8%) dan tidak tahu (6%).
Cukup
aman merokok selama satu atau dua tahun. Setuju (7%), tidak setuju (92%), tidak
tahu (1%).
Rokok
sangat membantu ketika kita merasa bosan. Setuju (7%), tidak setuju (92%),
tidak tahu (1%).
Rokok
membantu mengurangi stres. Setuju (21%), tidak setuju (78%) dan tidak tahu
(3%).
Mengisap
rokok meningkatkan risiko kanker. Setuju (95%), tidak setuju (2%), tidak tahu
(3%).
Saya
tidak suka berada di sekitar perokok. Setuju (65%), tidak setuju (22%) dan
tidak tahu (13%).
[3] Pikirkan
juga hal-hal lain yang dapat dilakukan remaja dalam setahun, yang nilainya
setara dengan uang yang ia habiskan untuk merokok:
Mentraktir
40 teman-teman menonton bioskop, kemudian memesan pizza (dengan tetek bengek
pesanan lain, seperti minuman atau roti bawang) mengunyahnya, sembari membaca
162 buku komik yang baru dibeli.
Mengobrol
di telepon dengan teman-teman di berbagai negara selama 126 jam 22 menit.
Menyumbang
lembaga-lembaga sosial, dimana uang itu benar-benar dapat membantu orang-orang
yang sangat membutuhkan.
Membeli
1400 bibit pohon-pohon langka.
Memainkan
2800 video games baru.
Jika
bosan dan ingin bersenang-senang, tabunglah 5 persen saja dari uang untuk membeli
rokok itu. Dan.. setelah 20 tahun, kamu dapat... benar-benar
BERSENANG-SENANG..!!!
− Simpan dan
kemudian tutuplah file tersebut.
Open File
Untuk membuka file yang sudah
pernah disimpan sebelumnya:
1. Klik File.
2. Klik Open, akan
muncul dialog box seperti gbr. 5.
3. Klik kotak Look
in, kemudian klik drive yang sesuai/tempat file yang sesuai, kemudian akan
muncul daftar file dan directory pada kotak yang di bawahnya. Klik directory
yang sesuai hingga ditemukan file yang akan dibuka tersebut. Pilih file
tersebut, kemudian klik Open.
Atau
Ketikkan lokasi
lengkap beserta nama file dari file yang akan dibuka tersebut pada kotak File
Name, kemudian klik Open.
IV. Formatting
Formatting di sini berarti
mengubah atau men-set penampilan teks
yang telah/akan diketik pengguna. Formating dapat dilakukan baik setelah maupun
sebelum teks diketikkan. Caranya adalah (*):
− Jika teks telah
diketikkan,
Pilih
paragraf yang akan diformat dengan meletakkan kursor pada salah satu bagian
paragraf yang akan diformat tersebut, kemudian atur formatnya sesuai keinginan.
atau
Jika
format yang sama akan diaplikasikan untuk beberapa paragraf, maka formatting
dilakukan dengan memblok paragraf-paragraf tersebut dan kemudian mengatur
format sesuai keinginan.
− Jika teks belum diketikkan,
Letakkan kursor pada posisi
awal pengetikkan, atur format tampilannya, kemudian barulah ketikkan teks-nya.
Paragraf
1. Program text
editor, khususnya MS Word, menandakan pergantian paragraf dengan penekanan
tombol enter. Jadi untuk berganti paragraf, pengguna perlu menekan Enter.
Alignment merupakan aturan perataan teks. MS Word menyediakan 4 macam
perataan, yaitu : rata kiri (left), rata kanan (right), rata
tengah (center), dan rata kiri-kanan (justify). Cara mengatur alignment
paragraf:
1. Gunakan salah satu cara dari (*) untuk teks yang akan diatur
indentasinya.
2. Klik toolbar yang
sesuai (gbr. 6a).
Identasi adalah teks yang menjorok kedalam, dihitung dari margin, margin
adalah batas-batas pengetikan yang diukur dari tepi kertas [baik tepi kertas
atas, bawah,kiri maupun kanan]
atau
− Klik menu Format.
− Klik Paragraf
(akan muncul dialog box seperti gbr. 6b).
− Klik tab Indents
and Spacing.
− Pada kotak Alignment pilih perataan yang dikehendaki
− Klik OK.
Latihan 9:
Aturlah file lat1.doc
sehingga:
− Paragraf pertama rata kiri.
− Paragraf kedua
rata tengah.
− Paragraf ketiga
rata kanan.
− Semua paragraf
setelah paragraf ketiga rata kiri-kanan.
Hasilnya akan tampak
seperti gbr. 7.
Gbr.7. Hasil latihan alignment paragraf.
2. Indentasi
Indentasi adalah jarak teks dari
ujung kiri atau kanan. Pengguna dapat mengatur jarak tersebut dengan cara:
1. Gunakan salah satu cara dari (*) untuk teks yang akan diatur
indentasinya.
2. Klik menu Format.
3. Klik Paragraf
(akan muncul dialog box seperti gbr. 6).
4. Klik tab Indents
and Spacing.
5. Pada bagian
Indentation, isilah kotak Left dengan angka positif yang sesuai dengan
indentasi yang diinginkan untuk mengatur jarak teks dari ujung kiri. Sedangkan
untuk mengatur jarak teks dari ujung kanan, isilah kotak Right dengan angka
positif yang sesuai.
6. Jika pengguna
ingin mengaplikasikan jenis indentasi tertentu pada suatu paragraf, dapat
memilih jenis yang sesuai dari kotak pilihan Special. Pilihan tersebut adalah:
− (none) : Tidak ada indentasi khusus.
− First line :
Baris pertama paragraf lebih menjorok ke dalam.
− Hanging : Baris
pertama paragraf lebih menjorok ke luar.
Untuk pilihan First line dan
Hanging, besarnya jarak (dari kiri) antara baris pertama dengan baris
berikutnya dinyatakan dengan angka positif yang dapat diketikkan pengguna pada
kotak By.
7. Klik OK.
Ada 4 macam jenis identasi
:
1. First line indent =
identasi baris pertama, tujuannya untuk memasukkan teks hanya pada
Baris pertama saja,awal paragraph.
2. Hanging indent =
identasi baris kedua dan seterusnya dimana baris kedua dan seterusnya
Saja yang masuk sedangkan baris pertama
tetap diluar
3. Left indent
= identasi untuk mengatur semua baris kiri sesuai dengan keinginan anda.
4. Right indent =
identasi untuk mengatur semua baris kanan sesuai dengan keinginan
anda
Latihan 10:
Pada file lat1.doc, set
agar semua teks rata kiri kanan dan tiap paragraf adalah paragraf hanging.
3. Spacing
Spasi antar paragraf ataupun
antar baris dapat diatur dengan:
1. Gunakan salah satu cara dari (*) untuk teks yang akan diatur
indentasinya.
2. Klik menu Format.
3. Klik Paragraf
(akan muncul dialog box seperti gbr. 6).
4. Klik tab Indents
and Spacing.
5. Untuk mengatur
spasi antar paragraf:
− Isilah kotak Before dengan bilangan cacah yang sesuai dengan spasi
yang akan digunakan antara paragraf tersebut dengan paragraf sebelumnya.
− Isilah kotak
After dengan bilangan cacah yang sesuai dengan spasi yang akan digunakan antara
paragraf tersebut dengan paragraf berikutnya.
6. Untuk mengatur spasi antar baris:
Dapat dengan memilih jenis
spasi yang telah tersedia, pilihan yang ada:
− Single : Jarak antar baris adalah 1 spasi.
− 1.5 lines : Jarak antar baris adalah 1,5
spasi.
− Double : Jarak antar baris adalah 2 spasi.
− At least : Jarak spasi minimal.
− Exactly : Jarak spasi yang tepat.
− Multiple : Menggandakan jarak spasi.
Untuk pilihan At least, Exactly,
Multiple, atau spasi yang berbeda dari spasi-spasi standard yang telah disediakan,
pengguna dapat mengetikkan spasi yang diinginkannya pada kotak At.
7. Klik OK.
Latihan 11:
− Pada
file lat1.doc, set spasi antar baris menjadi 1,5.
− Pada file lat2.doc, set jarak
setelah paragraf menjadi 12 pt.
Font
Jenis huruf, warna, ukuran yang
digunakan oleh suatu teks dalam suatu dokumen dapat diubah-ubah. Caranya:
1. Gunakan salah satu cara dari (*) untuk teks yang akan diatur
indentasinya.
2. Klik menu Format.
3. Klik Font (akan
tampil dialog box seperti pada gbr. 8).
4. Pilih hal-hal apa
saja yang akan diubah.
5. Klik OK.
Latihan 12:
Ubahlah font dari semua
teks pada lat1.doc menjadi berjenis Times New Roman dengan ukuran 12.
Bullets and Numbering
Untuk membuat teks yang berisi
listing point-point dengan menggunakan bullet atau penomoran,
caranya adalah:
1. Gunakan salah satu cara dari (*) untuk teks yang akan diatur
indentasinya.
2. Klik menu Format.
3. Klik Bullets and
Numbering (akan muncul dialog box seperti gbr. 9(a)).
4. Jika ingin
memberi bullet, maka klik tab Bulleted. Jika ingin memberi nomor, maka klik tab
Numbered.
5. Klik jenis bullet
/ penomoran yang ingin digunakan. Jika jenis yang diinginkan tidak ada, maka
pengguna dapat mengubah jenis yang ada sehingga sesuai dengan yang
diinginkannya. Caranya adalah :
− Klik salah satu
jenis bullet / penomoran yang paling menyamai dengan jenis yang diinginkan.
− Klik tombol
Customize (akan muncul dialog box seperti gbr. 9(b) untuk bullet atau
gbr. 9(c) untuk penomoran).
− Pilih jenis yang
diinginkan.
− Klik OK pada dialog
box Customized Bulleted List atau Customized Numbered List.
1. Khusus penomoran, pengguna dapat memilih apakah penomoran akan
melanjutkan yang sebelumnya atau tidak. Jika memang melanjutkan yang
sebelumnya, maka klik Continue previous list, jika tidak, maka klik Restart
numbering.
2. Klik OK.
Latihan 13:
Ubah bagian [2] dan [3]
dari file lat2.doc, sehingga menjadi seperti:
[2] Menarik
menyimak hasil survey pendapat remaja terhadap rokok yang dilakukan di
Amerika baru-baru ini.
1.
Melihat
orang lain merokok membuat niat saya semakin kuat untuk tidak merokok Setuju
(67%), tidak setuju (22%), tidak tahu (10%).
2.
Saya
lebih suka berteman dengan orang yang tidak merokok. Setuju (86%), tidak setuju
(8%) dan tidak tahu (6%).
3.
Cukup
aman merokok selama satu atau dua tahun. Setuju (7%), tidak setuju (92%), tidak
tahu (1%).
4.
Rokok
sangat membantu ketika kita merasa bosan. Setuju (7%), tidak setuju (92%),
tidak tahu (1%).
5.
Rokok
membantu mengurangi stres. Setuju (21%), tidak setuju (78%) dan tidak tahu
(3%).
6.
Mengisap
rokok meningkatkan risiko kanker. Setuju (95%), tidak setuju (2%), tidak tahu
(3%).
7.
Saya
tidak suka berada di sekitar perokok. Setuju (65%), tidak setuju (22%) dan
tidak tahu (13%).
[3] Pikirkan
juga hal-hal lain yang dapat dilakukan remaja dalam setahun, yang nilainya
setara dengan uang yang ia habiskan untuk merokok:
§
Mentraktir
40 teman-teman menonton bioskop, kemudian memesan pizza (dengan tetek bengek
pesanan lain, seperti minuman atau roti bawang) mengunyahnya, sembari membaca
162 buku komik yang baru dibeli.
§
Mengobrol
di telepon dengan teman-teman di berbagai negara selama 126 jam 22 menit.
§
Menyumbang
lembaga-lembaga sosial, dimana uang itu benar-benar dapat membantu orang-orang
yang sangat membutuhkan.
§
Membeli
1400 bibit pohon-pohon langka
§
Memainkan
2800 video games baru
§
Jika
bosan dan ingin bersenang-senang, tabunglah 5 persen saja dari uang untuk
membeli rokok itu. Dan.. setelah 20 tahun, kamu dapat... benar-benar
BERSENANG-SENANG..!!!
Styles
Style adalah kumpulan format
khusus dengan nama tertentu. Dengan menggunakan style, pengguna tidak perlu
mengubah format paragraf, font, dsb. secara terpisah-pisah. Hal ini dapat
membantu pengguna dalam mempercepat pekerjaannya, terutama jika format tertentu
akan diaplikasikan pada banyak bagian dalam dokumen Word.
Untuk menggunakan style caranya
adalah:
1. Gunakan salah satu cara dari (*) untuk teks yang akan diatur
indentasinya.
2. Klik toolbar
style (
), klik sytle yang sesuai.
atau
− Klik menu Format.
− Klik Style (akan
muncul dialog box seperti gbr. 10(a)).
− Pilih Style yang
akan digunakan pada kotak Styles.
− Klik Apply.
Latihan 14:
Gunakan style header untuk
kalimat pertama (Rokok) pada lat2.doc.
Selain menggunakan style yang
sudah ada, pengguna juga dapat membuat sendiri style yang dibutuhkannya.
Caranya adalah :
1. Klik menu Format.
2. Klik Style (akan
muncul dialog box seperti gbr. 10(a)).
3. Klik tombol New
(akan muncul dialog box seperti gbr. 10(b)).
4. Beri nama style
tersebut pada kotak Name.
5. Set format-format
yang dikehendaki melalui tombol Format (klik tombol Format).
6. Klik OK pada dialog
box New Style.
7. Klik Apply.
Latihan 15:
Dari lat2.doc, buatlah
style dengan nama head1, yang memiliki format :
− Font : Times New Roman, ukuran 18 pt, bold.
− Alignment :
center.
− Spacing : 12pt
untuk After.
Kemudian
aplikasikan style ini untuk kalimat pertama dari lat2.doc.
Latihan Formatting:
Ubahlah sehingga lat2.doc
mempunyai format seperti gambar di bawah ini.
V. Inserting
Table
Pengguna dapat minyisipkan tabel
ke dalam dokumen yang dibuatnya dengan cara:
Letakkan kursor pada tempat
gambar akan disisipkan.
1. Klik Table.
2. Pilih Insert,
klik Table (akan muncul dialog box seperti gbr. 12)
3. Ketikkan jumlah
baris dan kolom yang dikehendaki kotaknya masing-masing.
4. Tentukan
pengaturan lebar kolom yang dikehendaki pada bagian AutoFit behaviour.
- Fixed column
width : lebar kolom telah ditentukan
sebelumnya, berapa lebarnya dapat diketikkan pada kotak yang berada di sampingnya (Auto berarti lebar kolom sesuai nilai default).
- AutoFit to contents : lebar kolom disesuaikan dengan isi kolom
tersebut.
- AutoFit to window : lebar kolom disesuaikan dengan window dokumen.
5. Untuk mengatur tampilan tabel, klik tombol AutoFormat (akan muncul dialog
box Table AutoFormat). Setelah selesai mengatur tampilan tabel, klik OK
pada dialog box Table AutoFormat tersebut.
- Klik OK.
Picture
Pengguna dapat menyisipkan
gambar ke dalam dokumen yang dibuatnya dengan cara:
1. Letakkan kursor pada tempat gambar akan disisipkan.
2. Klik menu Insert.
3. Pilih Picture
(akan muncul menu seperti gbr. 13a).
4. Klik pilihan yang
sesuai misal FromFile (akan muncul dialog box seperti gbr. 13b; cara penggunaannya
mirip dengan openFile, hanya saja dalam hal ini yang dibuka adalah file
gambar).
5. Klik OK (pada
dokumen akan muncul gambar yang telah dipilih tadi).
6. Aturlah letak
gambar tersebut sesuai keinginan dengan men-drag gambar tersebut sampai
ke lokasi yang sesuai. Untuk mengatur format tampilan, klik kanan pada gambar
tersebut dan pilihlah format yang sesuai.
Page Numbers
Untuk memberikan nomor halaman
pada dokumen yang sedang digunakan, dapat dilakukan:
1. Klik menu Insert.
2. Klik Page Numbers
(akan muncul dialog box seperti gbr. 14a)
3. Pilih apakah
nomor halaman akan diletakkan di atas (Top of page (Header)) atau di bawah
(Bottom of page (Footer)) dengan memilih pada kotak Positions.
4. Pilih tempat
nomor halaman akan diletakkan secara mendatar pada kotak Alignment. Pilihan
yang ada adalah:
− Left : Nomor
halaman pada setiap halaman dokumen diletakkan di sebelah kiri.
− Center
: Nomor
halaman pada setiap halaman dokumen diletakkan di tengah halaman.
− Right
: Nomor
halaman pada setiap halaman dokumen diletakkan di sebelah kanan.
− Inside
: Jika
dibuat buku (dengan aturan Latin), maka nomor halaman akan selalu berada di
sebelah dalam (dekat dengan ujung kiri buku). Jadi pada halaman ganjil, nomor
halaman akan diletakkan pada sebelah kiri dan pada halaman genap, nomor halaman
akan diletakkan pada sebelah kanan.
− Outside
: Jika
dibuat buku (dengan aturan Latin), maka nomor halaman akan selalu berada di
sebelah luar (dekat dengan ujung kanan buku). Jadi pada halaman ganjil, nomor
halaman akan diletakkan pada sebelah kanan dan pada halaman genap, nomor
halaman akan diletakkan pada sebelah kiri.
5. Kemudian untuk menentukan jenis penulisan nomor halaman, klik
tombol Format (akan muncul dialog box seperti gbr. 14b).
6. Pilih jenis
penomoran halaman yang diinginkan.
7. Klik OK pada dialog
box Page Numbers Format.
8. Jika pengguna tidak menghendaki nomor halaman ada pada halaman
pertama suatu dokumen, maka pengguna dapat mengklik kotak Show number on first
page sehingga tanda V tidak ada lagi pada kotak tersebut.
9. Klik OK pada dialog
box Page Numbers.
Latihan 16:
Berilah nomor halaman di
sebelah kanan bawah pada tiap halaman di lat2.doc.
Page Break
Ketika pengguna mengetik pada
Word dan telah mengisi penuh 1 halaman, otomatis Word akan memberi page
break pada bagian tersebut. Sebenarnya pengguna dapat pula memberikan page
break pada tempat yang diingininya, caranya adalah:
1. Letakkan kursor pada tempat yang akan disisipi page break.
2. Klik menu Insert.
3. Klik Break (akan
muncul dialog box seperti gbr. 15).
4. Klik Page break.
5. Klik OK.
Tabel
Pada umumnya, penyisipan tabel ke dalam dokumen berfungsi
untuk mendukung penjelasan/uraian dokumen. Untuk membuat tabel, klik menu Table
> Insert > Table sehingga muncul kotak dialog Insert Table
- Number of columns: untuk menentukan jumlah kolom, sebagai contoh isikan 2.
- Number of rows: untuk menentukan jumlah baris, sebagai contoh isikan 3.
- AutoFit Bahavior: untuk pengaturan lebar kolom.
Teks dapat langsung diketikkan di dalam sel tabel. Hasil
dari contoh akan membuat tabel seperti dibawah ini:
Tabel dapat diatur propertinya untuk menyesuaikan
tampilannya, misalnya mengatur tampilan garis, memberi warna sel, mengatur
posisi, dan lainnya. Contoh tabel dibawah ini adalah tabel yang telah diberi
variasi:
Variasi pada tabel tersebut dapat dibuat dengan
menggunakan berbagai macam fasilitas yang ada pada View > Tool Bars >
Tables and Borders.
Menyisipkan objek AutoShape
AutoShape adalah objek-objek dengan bentuk tertentu
yang dapat disisipkan ke dalam dokumen. Objek-objek tersebut antara lain bentuk
garis, lingkaran, persegiempat, dan lainnya. Objek-objek tersebut dapat
disisipkan dengan memilihnya pada Tool Bar Drawing (Gambar). Untuk
menampilkan toolbar ini, klik menu View > Toolbars > Drawing.
Klik tombol AutoShapes kemudian pilih kategori objek sesuai keinginan.
Simbol
Di dalam dokumen juga sering dijumpai pengguna simbol
seperti ©, ®, ☺, dan sebagainya. Cara menyisipkan simbol adalah klik menu Insert
> Symbol sehingga keluar kotak dialog Symbol (Gambar).
Pilihlah simbol yang hendak digunakan lalu klik Insert.
Diagram
Untuk membuat diagram struktur organisasi seperti contoh
di bawah, klik Insert > Picture > Organization Chart.
Untuk membuat diagram data seperti pada contoh dibawah,
klik Insert > Picture > Chart kemudian ganti nilai sesuai yang
dihendaki.
Untuk mengubah tipe diagram, klik Chart > Chart Type
sehingga muncul kotak dialog Chart Type (Gambar). Pada kotak
tersebut pilihlah tipe diagram yang dihendaki, kemudian klik tab OK.
WordArt
Teks yang dibuat dengan WordArt akan tampak lebih
bervariasi. Salah satu contoh penggunaan WordArt adalah di bawah ini:
Cara membuatnya adalah klik
atau dapat juga klik menu Insert > Picture > WordArt sehingga
muncul WordArt Gallery (Gambar ). Pilih kreasi teks sesuai
keinginan kemudian ketikkan teks.
Header dan Footer
Fasilitas Header and Footer digunakan untuk membuat
catatan kaki, penomoran halaman, dan yang lainnya. Untuk masuk ke bagian ini,
klik menu View > Header and Footer sehingga tampilan dokumen akan
berpindah pada area header atau footer (Gambar).
Hal ini diindikasikan dengan teks dan objek di dalam
dokumen terlihat redup. Ketikkan teks yang hendak dibuat.
Borders, Shading, dan Drop Cap
Beberapa tambahan dalam membuat dokumen tampak lebih
menarik seperti contoh dibawah ini:
Untuk membuat bagian MICROSOFT OFFICE 2003 yang berwarna
oranye dengan garis ungu dibawahnya, caranya adalah dengan klik menu Format
> Borders and Shading kemudian akan muncul kotak dialog Borders
and Shading. Tab Borders untuk membuat garis pembatas, tab Page
Border untuk membuat garis pembatas pada halaman, sedangkan tab Shading untuk
mewarnai satu baris seperti warna oranye pada contoh. Untuk mengganti warna
huruf, klik tombol . Huruf pertama yang ukurannya lebih besar tersebut (M),
dapat dibuat dengan klik menu Format > Drop Cap.
VI. Membuat Dokumen Koran
Tahap awal dalam menyusun dokumen
dalam bentuk Koran adalah dengan mengetik terlebih dahulu tulisan kita.
Selanjutnya, lakukan pengaturan jumlah kolom pada dokumen Koran dengan cara
sebagai berikut:
1. Lakukan
seleksi terhadap teks yang akan disunting dengan memblok dokumen
2. Aktifkan
Ribbon Page Layout pada grup Page Setup klik Columns
3. Tentukan
jumlah kolom yang anda inginkan. Jika anda belum menemukan jumlah kolom yang
anda cari, klik more columns, akan muncul kotak dialog more columns
4. Isikan
jumlah kolom yang anda inginkan pada kotak number of columns. Jika ingin
menambahkan garis pemisah antar kolom satu dan lainnya, lakukan cek pada line
between.
5. Ubah
lebar kolom secara manual pada kotak Width, dan jarak antar kolom satu dan
lainnya pada spacing
6. Cek
pada Equal Columns Width untuk menyamakan lebar kolom satu dan lainnya
7. Pada
kotak Apply to, pilih dimana anda akan menerapkan pengaturan kolom anda. Apakah
anda akan menerapkannya pada teks yang terseleksi (Slected Text), atau
akan diterapkan pada seluruh teks pada dokumen aktif anda (Whole document)
8. Untuk
melihat contoh hasil pengaturan anda sebelum diterapkan pada dokumen, Anda
dapat melihatnya pada Preview
9.
Ketika Anda telah selesai dengan pengaturan, klik OK untuk
mengaplikasikannya.
VII. Mengatur Format Halaman
Untuk mengatur batas (margin)
kiri/kanan/atas/bawah, ukuran kertas, orientasi pencetakan, dapat dilakukan
dengan:
1. Klik menu File.
2. Klik Page Setup
(akan muncul dialog box seperti gbr. 16).
3. Untuk mengatur Margins,
klik tab Margins, kemudian ubah batas-batas tersebut dengan mengetikkannya pada
kotak yang telah tersedia.
4. Untuk mengatur ukuran kertas ataupun orientasi pencetakan, klik tab
Paper (akan muncul dialog box seperti gbr. 17). Pilih jenis kertas yang
sesuai dengan mengklik dan memilih pada kotak Paper size. Jika pengguna ingin
menggunakan ukuran kertas yang tidak umum dan pilihan kertas tersebut tidak
disediakan Word, maka pengguna dapat memilih Custom size, kemudian mengetikkan
ukuran kertasnya pada kotak Width (lebar kertas) dan Height (panjang kertas).
5. Klik OK (cukup
dilakukan pada salah 1 tab saja dan perubahan yang telah dilakukan pada
masing-masing tab akan diimplementasikan).
VIII. Print Preview
Sebelum mencetak dokumen, untuk
memastikan dahulu bahwa hasil cetaknya nanti akan sesuai dengan keinginan, maka
pengguna dapat melihat tampilan tercetaknya pada layar monitor terlebih dahulu.
Caranya adalah:
1. Pada dokumen yang akan dicetak, klik menu File.
2. Klik Print
Preview (akan tampil dialog box seperti gbr. 18).
3. Jika tampilan di
sini sudah sesuai dengan keinginan, berarti hasil cetaknya (di kertas) juga
akan sesuai.
4. Untuk kembali ke
tampilan dokumen, klik tombol Close.
IX. Mencetak
Sebelum mencetak dokumen ke
kertas, pengguna dapat melihat dahulu seperti apa hasil yang akan diperoleh
nantinya secara lebih lengkap, caranya adalah dengan:
1. Dari dokumen yang
akan dicetak, klik menu File.
2. Klik Preview.
Untuk mencetak dokumen yang
telah dibuat, caranya adalah:
1. Dari dokumen yang
akan dicetak, klik menu File.
2. Klik Print (akan muncul dialog box seperti gbr. 19
3. Pilih printer
yang akan digunakan pada kotak Name.
4. Tentukan halaman
yang akan dicetak pada bagian Page range:
− All : Mencetak semua halaman.
− Currnt
page : Mencetak
halaman tempat kursor berada.
− Pages
: Mencetak halaman-halaman tertentu saja. Halaman yang akan dicetak
diketikkan pada kotak yang berada di samping pilihan ini.
5. Selain menentukan page range, pengguna dapat juga menentukan
apakah yang akan dicetak adalah semua halaman pada page range tersebut atau
hanya halaman ganjil saja atau genap saja, yaitu dengan memilih pilihan pada
kotak Page. Pilihan tersebut adalah:
− All pages in
range : Mencetak semua halaman pada range yang telah ditentukan.
− Odd pages : Mencetak halaman ganjil yang berada pada range yang telah ditentukan
tersebut.
− Even pages : Mencetak halaman genap yang berada pada range yang telah ditentukan
tersebut.
Pilihan Odd pages dan Even
pages sangat membantu ketika pengguna ingin mencetak halaman secara
bolak-balik.
- Tentukan banyaknya copy yang akan dicetak dengan mengetikkan jumlah tersebut pada kotak Number of copies di bagian copies.
X. Help
Untuk
mencari bantuan pada MS Office, khususnya MS Word ada beberapa cara:
− Ketika Office Assistant tampak pada layar:
1. Klik
Office Assistant (akan muncul dialog box seperti gbr. 20).
2. Ketikkan
kata kunci yang akan dicari pada kotak What would you like to do?
3. Klik
search.
4. Dialog
box tersebut kemudian akan menampilkan beberapa pilihan mengenai topik yang
diminta.
5. Untuk
melihat bantuan dari salah satu pilihan yang ditampilkan, pengguna perlu
men-dobel klik pilihan tersebut. Kemudian akan tampil window yang berisi
informasi mengenai hal tersebut.
6. Jika telah
selesai membaca informasi yang tampil tersebut, tutuplah window informasi
tersebut dengan mengklik tombol close pada window informasi yang
bersangkutan.
Gbr. 21. Dialog box
help. (a). Pengguna dapat memilih bantuan yang diinginkannya berdasarkan
topik. (b) Pengguna dapat mengetikkan kata kunci bantuan yang diinginkannya.
Ketika Office Assistant tidak
tampak pada layar:
1. Tekan tombol F1 pada keyboard
atau
Klik menu Help,
kemudian klik Microsoft Word Help F1.
- Jika Office Assistant ternyata masih berjalan, maka Office Assistant akan muncul dan menampilkan dialog box seperti gbr. 20, selanjutnya pengguna dapat mengikuti cara-cara mencari bantuan ketika Office Assistant tampak (no. 2-6).
- Jika Office Assistant ternyata sudah tidak berjalan, maka akan muncul dialog box seperti gbr. 21 (a) dan (b). Kemudian gunakan bantuan ini seperti menggunakan bantuan pada MS Windows.
XI. Object Linking and Embedding (OLE)
Pada MS Word, sebagaimana juga
program-program MS Office lainya, pengguna dapat menyisipkan sebagian atau
keseluruhan file MS Office lainnya (file MS Word, MS Excel, MS Power Point,
dsb.), disebut juga file sumber, ke dalam file MS Office yang lain (file MS
Word, MS Excel, MS Power Point, dsb.), disebut juga file tujuan. Jika bagian
file sumber yang disisipkan mengalami perubahan, maka perubahan tersebut juga
akan tercermin pada file tujuan. Demikian pula sebaliknya. Jika pengguna
mengubah bagian yang disisipkan tersebut dari file tujuan, maka otomatis MS
Office akan membuka file sumber dengan program aplikasi yang sesuai dan
perubahan yang dilakukan pengguna akan dilakukan pada file sumber tersebut. Hal
inilah yang disebut OLE. Cara menyisipkannya adalah:
1. Buka file sumber (dengan program aplikasi yang sesuai).
2. Buka file tujuan
(dengan program aplikasi yang sesuai).
3. Blok bagian file
sumber yang akan disisipkan ke file tujuan.
4. Klik menu Edit.
5. Klik copy.
6. Letakkan kursor
pada tempat (bagian) file sumber akan disisipkan di file tujuan.
7. Klik menu Edit.
8. Klik Paste Special
(akan muncul dialog box seperti gbr. 22).
9. Klik Paste Link.
10. Pilih jenis program aplikasi MS Word yang sesuai dengan
file sumber pada kotak As, kotak Float over text otomatis akan diberi tanda V.
11. Klik OK.
XII. Membuat
Daftar isi Otomatis
Berikut ini adalah
langkah-langkah untuk membuat daftar isi laporan atau makalah anda yang anda
kerjakan di Microsoft Word tanpa harus melakukan pengetikan secara manual dan
mampu memperbaharui halaman di daftar isi secara otomatis:
1. Buat style
dari masing-masing bagian yang akan dimasukkan ke dalam daftar isi.
a. Bagianjudul
– Blok judul
– Atur format
huruf sesuai dengan keinginan, seperti ukuran huruf, center, dll => Klik styles
pada panah ketiga terbawah.
– Klik save
selection as a new quick styles => isi nama stye, contoh: judul
b. Sub-sub bab
Blok sub
judul => ikuti seperti langkah-langkah serupa di atas. Akhirnya
sampai pada Klik save selection as a new quick styles =>isi
nama stye, contoh: sub judul
c. Sub sub bab
Blok sub
sub judul => ikuti seperti langkah-langkah serupa di atas. Akhirnya sampai
pada Klik save selection as a new quick styles => isi nama
stye, contoh: subjudul2
2. Buat
semua bagian (judul, sub judul, sub sub judul) sesuai dengan style yang sudah
dibuat sebelunnya (poin 1 di atas) misalnya sub judul: rumusan masalah
– Blok sub
judul: rumusan masalah
– Begitu juga
dengan bagian yang lain. Sampai akhir bab. Disarankan untuk tidak
menggunakan nomor otomatis dalam penomoran sub bab ataupun sub sub bab
Bila telah membuat style pada
semua bagian, kita sudah bisa membuat daftar isi.. Buat halaman baru di
awal, sebagai halaman Daftar Isi: Page layout => breaks =>
newpage. Tulis judul daftar isi buat style untuk daftar isi dgn style yang
sesuai, dalam hal ini style judul
Cara membuat daftar
isi: References => table of content => insert table of
content => option => isi sesuai dengan bagian style yang ingin kita
masukkan ke daftar isi. dalam hal ini contohnya (judul, sub judul, sub
sub judul). Isi 1, 2 atau 3 dst sesuai dengan keinginan kita
menjorokkan bagian ini. => ok => ok Langsung jadi daftar isi => edit
seperlunya.
3. Bagaimana
bila terjadi penambahan sub judul? Yang harus dilakukan cukup Klik mouse bagian
kanan pada daftar isi yang telah jadi => Update field => update entire
table => OK
4. Bagaimana
bila terjadi perubahan pada nomor halaman ? Yang harus dilakukan cukup Klik
mouse bagian kanan => Update field => update page number only => OK
5. Apa bisa
membuat Daftar tabel, Daftar Gambar dll ? Bisa, prinsipnya bahwa setiap bagian
(judul tabel, judul ganbar, judul lampiran) masing-masing harus dibuat style.
Langkah selanjutnya tinggal membuat Halaman Baru (lihat bagian 2) untuk masing-masing Daftar, yang selanjutnya tinggal membuat TOC seperti langkahi bagian 2. Bila muncul Pesan di bawah, pilih No.
Langkah selanjutnya tinggal membuat Halaman Baru (lihat bagian 2) untuk masing-masing Daftar, yang selanjutnya tinggal membuat TOC seperti langkahi bagian 2. Bila muncul Pesan di bawah, pilih No.
XIII. Perlindungan pada dokumen
anda
Pastikan untuk
tidak ada yang dapat mengganti dokumen word anda. Protect Document adalah tool yang sangat
membatu anda untuk menjaga file yang sedang anda tinggalkan.
Untuk mengaktifkan
Protect Document.
- Klik pada Tools di menu bar
- Lalu klik pada Protect Document
- Lalu sebuah jendela akan muncul dan menanyakan anda tentang terhadap apa anda ingin melindungi dokumen anda. pilihan “tracked Change” memungkinkan anda untuk melacak setiap perubahan yang telah terjadi. Fitur ini akan merubah warna pada teks menjadi merah dan ada garis bawah jika terjadi perubahan. Pilihan “Comment” hanya memungkinkan pengguna untuk meletakkan komen. Pilihan “Form” hanya memungkinkan anda untuk mengedit forms pada dokumen. Anda tidak bisa mengedit hal yang lain.
- Untuk memilih pilihan anda , tinggal klik pada pilihan yang anda inginkan.
- Jika anda menginginkan sebuah passwordm maka ketik password pada “Pasword (optional:)” text box.
·
Klik OK
Jika
anda tidak memilih pasword maka word akan melindungi dokumen anda. jika anda
melakukannya kotak yang lain akan muncul dan menanyakan anda untuk konfirmasi
password anda. lalu klik ok. Sekarang dokumen anda telah aman.
Jika
anda ingin membuka dokumen perlindungan tersebut.
- Klik pada Tools
- Lalu klik Unprotected Document
Jika
anda menggunakan password ketik password tersebut pada
kotak yang muncul.
XIV. Internet
Walau Ms word adalah
sebuah program aplikatif untuk mengolah kata namun word juga memiliki Kemampuan
untuk mendesain sebuah website.
Konversi dokumen ke halaman web
Langkah sederhana yang
dapat dilakukan untuk merubah dokumen anda menjadi sebuah halaman Web, yaitu
dengan menyimpan file seprti biasa,namun pada kotak save as type pilih web page
Membuat dokumen yang berisi link
MS Word juga menyediakan
fasilitas untuk membuat link, yaitu dengan cara :
1.
Buat seleksi terhadap teks atau gambar yang akan dibuat link
2.
Klik menu insert
3.
Klik menu Hyperlink, kemudian akan tampil kotak dialog hyperlink
4.
Klik nama file atau bagian dari dokumen pada kotak dialog tersebut
5.
Untuk membuat link ke URL ketiklah alamat URL pada kotak addres
6.
Akhiri dengan menekan tombol ok
Menghentikan web link otomatis
1.
Pilih Tools-Autocorrect
2.
Klik tab auto format as you type pada kotak dialog
3.
Bersihkan kotak internet and network path with hyperlink
4.
Klik ok
Untuk menon-aktifka
hyperlink didokumen MS Word yang dibuat secara manual atau otomatis :
1.
Klik kanan hyperlink
2.
Pilih hyperlink –edit hyperlink
3.
Klik tombol remove pada kotak dialog
Menyimpan alamat Web kedokumen Word
1.
Pada browser web, jelajahi alamat web yang ingin anda salin dalam
dokumen
2.
Pada jendela address atau netsite pada browser, pilih alamat web.
3.
Tekan Ctrl+C untuk menyalin alamat tersebut
4.
Pada word, letakkan kursor ditempat anda ingin memunculkan alamat
5.
Tekan shit+insert[Ctrl+V] untuk mem-pastealamat tersebut kedalam dokumen
Menyimpan word art dalam halaman web
1.
Klik gambar word art untuk memilihnya
2.
Edit-cut
3.
Edit paste special
4.
Pilih picture dari daftar As
5.
Klik ok
Web page wizard
1.
Pilih file new
2.
Pada kotak dialog new file,klik web page
3.
Klik dua kali web page wizard
4.
Pada kotak dialog web page wizard,pilih salah satu menu tipe hlaman yang
anda inginkan lalu klik next
5.
Pilih salah satu visual type dan klik finish
Link internet didokumen
1.
Pilih tools=Autocorrect
2.
Klik internet and network path with hyperlink
3.
Klik ok
XV. Privatisasi Word Sesuai Kebutuhan Anda
Menyesuaikan menu
Pada saat membuka menu MS Word, maka anda akan
dihadapkan pada sekumpilan menu bar seperti file, edit, view dan lain-lain.
Membuat menu baru :
·
Klik menu tools
·
Klik menu customize
·
Klik tab commands
·
Gukung kebawah pada bagian categories
·
Drag new menu dari commads kedalam menu bar disebelah help
XVI. Bekerja Dengan Form Surat dan Label
Pada bab ini kita akan
mempelajari tentang mail merge. Mail merge adalah dalam MS Word untuk membuat
berantai seperti surat
undangan yakni surat
yang mempunyai isi sama tetapi untuk tujuan yang berbeda.
Untuk membuat
mail merge berikut ini adalah langkah-langkahnya :
- Buat dokumen terlebih dahulu (bisa berupa surat, blangko formulir, atau dokumen yang lain)
- Klik ribbon Mailings kemudian klik Start
Mail Merge, pilih Step by Step Mail Merge Wizard
- Akan muncul panel Mail Merge disebelah kanan jendela Word anda.
- Pada Select document type pilih Letters kemudian
klik Next pada bagian bawah untuk melanjutkan.
- Pilih Use the current document kemudian klik Next
- Pada pilihan select recipients, jika anda belum membuat daftarnya pilih saja Type a new list kemudian klik Create.
- Akan muncul jendela New Address list. Untuk memudahkan pekerjaan kita nantinya sebaiknya kolom yang ada dihapus kemudian dibuat kolom isian yang baru sesuai dengan yang dibutuhkan.
a.
Klik Customize columns
b.
Pilih filed name kemudian klik tombol delete, sampai
semua nama kolom terhapus.
c.
Untuk membuat field name baru klik Add kemudian
beri nama sesuai dengan kebutuhan (seperti Nama, Alamat, dsb)
d.
Tambahkan beberapa filed sesuai dengan kebutuhan anda.
e.
Jika dirasa sudah cukup klik OK
f.
Muncul jendela New address list. Masukkan
data-data yang dibutuhkan sampai selesai, kemudian klik OK
g.
Untuk menghapus entry klik pada entry yang mau dihapus
kemudian klik delete. Untuk menambah entry baru klik pada new entry.
h.
Simpan pada folder dimana tempat dokumen tersimpan
kemudian klik Save.
i.
muncul daftar list yang sudah siap untuk dimasukkan.
Untuk memasukkan semua beri tanda centang pada kotak yang ada, atau bisa anda
pilih sendiri sesuai kebutuhan daftar yang ada dengan menghilangkan tanda
centang pada list tersebut.
- Klik Next : Write your letter untuk melajutkan
- Sampai disini kita akan memasukkan daftar field yang telah kita buat tadi untuk dimasukkan pada dokumen. Arahkan kursor pada tempat filed diletakkan.
- Pada pilihan write your letter, pilih More item
- Pada jendela yang muncul pilih nama filed sesuai dengan dokumen kemudian klik insert
- Ulangi langkah diatas sampai data diisi dengan field yang sesuai. Sehingga tampilannya akan seperti dibawah ini.
- kemudian klik Next untuk melihat hasil merge data. Klik tanda panah kekanan atau kekiri pada preview your letters untuk melihat hasil.
- Jika ada yang masih salah datanya bisa diubah datanya pada edit recipient list. Jika sudah cukup klik Next untuk complete the merger.
- Terdapat dua pada pilihan complete merger yaitu Print dan Edit individual letters. Jika anda pilih merger print, maka data merger akan langsung dicetak melalui printer. Jika dipilih Edit individual letters maka data akan ditampilkan pada beberapa halaman langsung di Ms Word. Silahkan pilih sesuai kebutuhan.
PENUTUP
1.
Kesimpulan
Microsoft (MS) Word adalah program komputer yang dikembangkan oleh Microsoft untuk
menciptakan dokumen berkualitas professional. Microsoft (MS) Word ini memungkinkan kita mengetik dan
memformat teks, memperbaiki kesalahan, dan menampilkan pekerjaan sebelum
dicetak keprinter, disamping itu Microsoft (MS) Word memiliki kemampuan dan keleluasaan untuk
menghasilkan dokumen professional dengan mudah dan cepat.
2.
Saran
Mahasiswa diharapkan mempersiapkan dengan baik materi
yang akan di susun, khususnya penggunaan MS Word. Dan memahami isi bab yang akan di susun, agar dalam
penyusunan Makalah tidak mengalami kesulitan. Kurangnya pemahaman tentang MSword, sedikit menghalangi
kelancaran dalam menyusun Makalah.
3.
Kiritik
Penyusun mengharapkan kritik dari para pembaca agar
dapat memperbaiki dan mengevaluasi kembali tentang kekurangan yang ada dalam
penyusunan Makalah ini. Sehingga, para pembaca dan penyusun pada khususnya
dapat lebih baik dalam mempersiapkan dan menyusun Makalah.
DAFTAR PUSTAKA
Aplikasi komputer data base
Sebagai Tugas Awal Semester 5
Microsoft (MS) Word
Dosen Pembimbing :
Dra. YULITA PUJIHARTI, M.Kes.
Oleh :
ANGGA
ZAKARIA NPM
: 2101001420018
ELY
RAHMAWATI NPM
: 21010014200
YEFRI EKO FAUZI NPM
: 2101001420055
SETYONO NPM : 2101001420015
Fakultas
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Humaniora
PRODI PENDIDIKAN EKONOMI DAN
KEWIRAUSAHAAN NON REGULER
IKIP
BUDI UTOMO MALANG
Jl. Simpang
Arjuno 14B Telp. 326019, 323214 Fax (0341) 335070 Malang
TAHUN AJARAN 2009/2010
KATA PENGANTAR
Puji Syukur
kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan limpahan rahmat-Nya, tugas makalah
ini sebagai tugas semester enam dapat
terselesaikan ,
Penyusun
tak lupa mengucapkan terimakasih kepada :
1. Dra.
Yulita, Pujiharti,M.Kes, selaku Dosen Mata Kuliah aplikasi komputer database ,
2. Teman-teman sekelas Jurusan Ekonomi dan Kewirausahaan Non Reguler,
3. dan Pihak lain yang membantu terselesainya tugas makalah ini.
Penyusun juga menyadari bahwa
penyusunan Makalah ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu Penyusun juga
memohon maaf, jika dalam penyusunan Makalah ini, terdapat kesalahan dalam
penulisan.
Oleh sebab itu,
Penyusun sangat mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun dari
semua pihak.
Besar harapan
Penyusun, semoga Makalah ini dapat bermanfaat khususnya bagi Penyusun dan para
pembaca pada umumnya.
Malang, Desember 2012
Penyusun
i
|
DAFTAR ISI
Sampul
.................................................................................................................................. i
Kata
Pengantar
...................................................................................................................... ii
Daftar Isi …………………………………………………………………………………... iii
PEMBAHASAN
I.
Masuk dan Keluar MS Word ………………......................................................... 1
II.
Menyunting Dokumen ........................................................................................... 1
- Menghapus Teks .............................................................................................. 3
- Memindahkan Teks .......................................................................................... 3
- Meng-copy Teks .............................................................................................. 3
- Undo dan Redo ................................................................................................ 4
III.
Save, Close, Create, Open File .............................................................................. 4
IV.
Formatting .............................................................................................................. 7
- Paragraf
............................................................................................................ 7
- Font .................................................................................................................. 10
- Bullets and Numbering .................................................................................... 11
- Styles ................................................................................................................ 12
V.
Inserting
................................................................................................................. 14
- Table ................................................................................................................ 14
- Picture .............................................................................................................. 15
- Page Numbers .................................................................................................. 16
- Page Break ....................................................................................................... 16
- Tabel ................................................................................................................ 17
- Menyisipkan
objek AutoShape ........................................................................ 18
- Simbol
.............................................................................................................. 18
- Diagram
............................................................................................................ 18
- WordArt
........................................................................................................... 19
- Header
dan Footer ............................................................................................ 20
- Borders, Shading, dan Drop Cap
..................................................................... 20
VI.
Membuat Dokumen Koran .................................................................................... 21
VII.
Mengatur Format Halaman .................................................................................... 22
VIII.
Print Preview .......................................................................................................... 23
IX.
Mencetak
................................................................................................................ 24
X.
Help ........................................................................................................................ 25
XI.
Object Linking and Embedding (OLE) .................................................................. 26
XII.
Membuat Daftar isi Otomatis ................................................................................. 27
XIII.
Perlindungan pada dokumen anda ......................................................................... 30
XIV.
Internet ................................................................................................................... 31
- Konversi
dokumen ke halaman web ................................................................ 31
- Membuat
dokumen yang berisi link ................................................................ 31
- Menghentikan web link
otomatis ..................................................................... 31
- Menyimpan
alamat Web kedokumen Word ………………………………… 31
- Menyimpan
word art dalam halaman web ....................................................... 31
- Web
page wizard .............................................................................................. 31
- Link
internet didokumen .................................................................................. 32
XV.
Privatisasi Word Sesuai Kebutuhan Anda ............................................................. 32
XVI. Bekerja dengan form surat dan label ..................................................................... 32
PENUTUP
1.
ii
|
2.
Saran ......................................................................................................................... 39
3.
Kritik ......................................................................................................................... 39
DAFTAR PUSTAKA .......................................................................................................... 40
iii
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar